Kata Pesan

SELAMAT DATANG DI DUNIA CERPEN KARYA SISWA MAN TULUNGAGUNG 1

Rabu, 01 Agustus 2012

Allah Mengingatkan Hamba-Nya Untuk Masuk Surga


السلام عليكم ورحمته الله وبركاته

طَالْحَمْدُ ِللهِِ الَّذِى جَعَلَ اْلا ِنْسَانَ خَلِـيْفَةً فِى اْلاَرْضِ, لِـيُعَحِّرِهَا جَوَّهَا َوبَرَّهَا وَ بَحْرَهَا وَ زَ يَّـنَهُ بِالْعَقْلِ وَ اَكْرَمَهُ بِاْلعِلْمِ لِـيَعْرِفَ نِـعْمَةَ اللهِ فَيَشْكُرُهُ اَشْهَدُ اَنْ لاَ ِا'لهَ ِالاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْـكَ لَهُ, خَلَقَ اْلاِ نْسَانَ فِى اَحْسَنِ تَـقْوِيْمٍ وَهَدَاهُ اِلَى صِرَاطٍ مُسْتَـقِيْمٍ, وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ, رَحْمَةً لِلْعَالَمِيْنَ, اَللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ, وَسَلَّمَ تَسْلِـيْمًا كَـثِـيْرًا. اُوْصِيْكُمْ وَنَـفْسِى بِـتَـقْوَى اللهِ فَـقَدْ فَازَ اْلمُتَّـقُوْنَ, اَمَّابَعْدُ: فَيَا اَ يُّهَا اْلحَاضِرُوْنَ, اِتَّـقُوْا اللهَ حَقَّ تُـقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْ تُنَّ ِالاَّ وَ اَ نْـتُمْ مُسْلِمُوْنَ, قَالَ تَـعَالَى فِى اْلقُرْآنِ اْلكَرِيْمِ, اَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَيْطَانِ الرَّجِيْمِ, وَ التَّكُمْ مِنْكُمْ اُمَّةٌ يَدْعُوْنَ اِلَى اْلخَـيْرِ َويَـأْمُرُوْنَ بِاْلمَعْرُوْفِ َويَنْـهَوْنَ عَنِ اْلمُنْكَرِ وَاُوْلئِكَ هُمُ اْلمُفْلِحُوْنَ. وَقَالَ  َا يْـظًى اَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَيْطَانِ الرَّجِيْمِ, وَتَـعَاوَنُـوْا عَلَى اْلبِـرِّ وَ التَّـقُوَى وَلاَ تَعَاوَنُـوْا عَلَى اْلاِ ثْمِ وَاْلعُدْوَانِ وَاتَّـقُوْا اللهَ  ِانَّ اللهَ شَدِيْدُ اْلعِـقَابِ.

Ma’asyiral Muslimin Rahimakumullah
Segala puji yang luhur hanya milik Allah, Allah-lah yang menciptakan manusia dengan sebaik-baiknya bentuk dan seindah-indah watak dan moralnya, agar manusia tetap pada posisi awal penciptaan yaitu disyurga sebagaimana Nabi Adam dan Hawa. Allah mengutus para Rasul untuk menyeru kepada manusia supaya mereka hanya ber-Tuhan yang satu yaitu Allah SWT. dan tidak menyekutukan dengan sesuatu apapun.
Sholawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada figur panutan, contoh terbaik manusia, harapan setiap orang yang ingin berbuat terbaik untuk dirinya dan orang lain, pemimpin para Nabi dan Rasul, manusia terbaik sepanjang zaman, beliaulah Rasul terakhir Muhammad SAW. dan semoga pula salam sejahtera tetap tercurahkan kepada keluarga, shabat-sahabatnya serta orang-orang yang tetap patuh mengikuti ajaranya sampai akhir zaman.
Saudara hadirin yang mulia
Peningkatan iman dan taqwa merupakan kewajiban setiap muslim, ini merupakan dambaan yang harus dicapai sebelum kita dipanggil oleh yang maha kuasa untuk menghadap kekaribannya. Kita harus ingat, hanya karena kita dapat tunduk terhadap semua perintah Allah, kondisi terbaik kita dunia akhirat, dapat kita pertahankan sampai ajal tiba dan hnaya karena kita dapat patuh menjauhi larangan Allah-lah, kita dapat terselamatkan dari siksa Allah dunia dan akhirat.
Sidang jum’at yang mulia
Judul yang akan disampai oleh khotib adalah “Allah Mengingin-kan Hamba-Nya Masuk Syurga”. Perjalanan panjang umat Islam, telah menghadirkan beragam peristiwa, yang telah di rekam file zaman, diantara peristiwa itu adalah munculnya berbagai kelompok baik yang baru atau yang sesat, akhir-akhir ini perpecahan di tubuh ummat Islam / dinul Islam makin memprihatinkan, dimana sesama umat Islam satu sama lain saling berhadapan seperti sebuah pasukan perang ber-hadapan dengan lawan. Alangkah sedihnya Rasulullah SAW. melihat umatnya saling menghina, saling memukul baik lewat perkataan atau perbuatan, alangkah sedihnya Rasulullah menyaksikan umatnya yang hanya pandai mengumbar nafsu bejatnya, mereka selalu berkata dengan perkataan yang tak benar, jujur dan bohongnya lebih banyak bohongnya, sampai-sampai dirinya sendiri saja di bohongi.
Sidang jum’ah yang berbahagia
Suatu saat siapapun kita, apapun pangkat dan jabatan kita, bagaimanapun keadaan kita kaya atau miskin, kuat atau lemah apabila ruh sudah berpisah dengan raga, kedua tangan sudah tak mampu lagi bertakbiratulihram, lidah tidak mampu lagi berucap dengan kalimat Allah atau kalimat-kalimat jahat, bahkan telinga kita sudah tidak mampu lagi mendengar kata-kata baik suara adzan dan iqomah, dan jika mata juga sudah tidak mampu lagi digunakan untuk melihat alam semesata ini, jantung sudah tidak berdenyut itulah tandany kita sudah mati, pertanyaannya sudah siapkah kita menghadapi kematian, pertanyaan yang kedua kita ingin mati husnul khotimah atau su’ul khotimah, kita ingin masuk neraka atau masuk syurga, jawaban semua pertanyaan itu kembali kepada diri kita masing-masing sesuai dengan persiapannya.
Saudara hadirin yang mulia
Saat kita dipanggil oleh Allah SWT. untuk menghadap kehadiran-Nya, Allah SWT. dan Rasulullah Muhammad SAW. menginginkan kita masuk syurga, Allah tak menginginkan hamba-Nya masuk neraka dengan bukti setiap umat pasti dibimbing oleh Nabi dan Rasul.
Allah berfirman dalam QS. asy-Syu’ara : 09 – 91:

Artinya:
Dan dekatkanlah surga kepada orang-orang yang ber-takwa, dan diperlihatkan dengan jelas neraka Jahim kepada orang-orang yang sesat / banyak berbuat dosa".
Ayat ini dengan tegas memberikan kabar kepada kita, jika ingin pulang ke kampung akhirat masuk syurga jawabannya hanya satu yaitu: kita harus selalu baik ketika hidup didunia ini, kita harus patuh dan tunduk diatur oleh Allah, sebab orang yang tidak mau di atur lewat hukum Allah berarti mereka tidak mau masuk syurga, kita simak Nabi bersabda ;
ُقلُّوا اُمَّتِى دَخَلَ اْلجَنَّةِ اِلاَّ مَنْ اَبَى
Artinya:
Selurah umatku masuk syurga kecuali orang yang tak mau
Saudara hadirin yang mulia
Siapakah orang yang tidak mau masuk syurga itu, orang yang tidak mau masuk syurga yaitu orang yang tak mau diatur oleh Allah, orang yang tak mau taat dan tunduk kepada Allah, mereka malah selalu melanggar aturan dan larangan, orang yang sudah tidak mau berkata dengan perkataan yang benar, justru mereka memilih kata-kata jorok, kata-kata jahat, yang selalu menyakitkan hati dan perasaan orang lain.
Allah berfirman dalam QS. an-Naziat : 35 – 36

Artinya:
Pada hari (ketika) manusia teringat akan apa yang telah diperbuatnya, dan diperlihatkan neraka jahim dengan jelas kepada setiap orang yang dilihatnya.
Berkaitan dengan ayat ini Rasul setiap saat, selalu berdo’a kepada Allah dengan suatu ungkapan disertai tetesan air mata beliau : Ya Allah jaga dan selamatkan umatku dari api neraka, masukkanlah mereka bersamaku dalam syurga dengan selamat dan aman.
Jika Allah sudah menghendaki hambanya masuk syurga lewat seorang Nabi dan Rasulnya untuk membimbingnya, dan Rasul sendiri dengan gigih membimbing dan berdo’a agar umatnya masuk syurga dengan selamat dan aman maka kita mestinya senang untuk taat dan patuh kepada Allah dan Rasul-Nya dan kita harus selalu berada pada jalan yang benar agar dosa-dosa kita terampuni oleh Allah SWT.
Kita cermati firman Allah dalam QS. al-Ahzab: 70 – 71

Artinya:
Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu kepada Allah dan katakanlah perkataan yang benar, niscaya Allah memperbaiki bagimu amalan-amalanmu dan mengampuni bagimu dosa-dosamu. Dan barang siapa mentaati Allah dan Rasul-Nya, maka sesungguhnya ia telah mendapat kemenangan yang besar.
Sidang jum’ah yang mulia
Allah dan Rasul-Nya menginginkan seluruh umat Islam masuk syurga, maka kita perlu menyiapkan diri, amalan apa yang paling di cintai oleh Allah, Rasul bersabda, amalan yang paling dicintai oleh Allah yaitu:
1.         Sholat tepat pada waktunya.
2.         Berbakti kepada kedua orang tua;
Baik orang tua nasab atau orang tua yang mengasuh kita seperti para guru, dosen dan atau orang tua karena memimpin kita, baik pemimpin formal atau non formal semua itu disamping kita wajib berbakti juga wajib menghormati dan menghargai jasa-jasanya secara proporsional.
3.         Berjuang dijalan Allah,
Berjuang dijalan Allah dalam arti yang luas diantaranya yang berhubungan dengan syiar agama, yang berhubungan dengan kemaslahatan dan kesejahteraan umat dan kita dilarang mencampakkan dengan tangan, kewenangan, dan kekuasaan kita kepada kerusakan dengan sebab apapun, kita dilarang mencampakkan orang lain. Ini merupakan hal yang fundamental dalam Islam, karena Islam di turunkan untuk membawa rahmat dan kasih sayang kepada semesta.
Firman Allah dalam QS. al-Hujurat: 15

Artinya:
Sesungguhnya orang-orang yang beriman hanyalah orang-orang yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya kemudian mereka tidak ragu-ragu dan mereka berjuang di jalan Allah dengan harta dan jiwa mereka, mereka itulah orang-orang yang benar.
Demikian semoga kita dapat memetik hikmah dalam khutbah ini.
بَـارَكَ اللهُ لِى وَلَكُـمْ فِى الـقُـرْآنِ العَـظِيمْ  ونَـفَـعَـنِى وَإِيـَّاكُـمْ بِـمَا فِـيْهِ مِنَ اْلاَ يَاتِ وَالذِّكْـرِ الحَـكِـيمْ, وَتَـقَـبَّلَ مِنِّ وَمِنْـكُمْ تِلاَ وَتَهُ اِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ اْلعَلِيْمُ وَهُوَ اْلغَـفُـوْرٌ الرَّحِيْمٌ.


َالْخُطْـبَةُ الثَّانِـيَةُ
َاْلحَمْدُ ِللهِ الَّذِي َامَرَنَا بِاْلاِتِّحَادِ وَاْلاِعْتِصَامِ بِحَبْلِ اللهِ اْلمَتِـيْنِ , اَشْهَدُ اَنْ لاَ ِا'لهَ ِالاَّ اللهُ  َاْلغَنِيُّ اْلحَمِيْدُ, وَاَشْهَدُ اَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ اْلمَبْعُوْثُ رَحْمَةً لِلْعَالَمِيْنَ , اَللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ َوبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى 'الِهِ َواَصْحَابِهِ َاجْمَعِيْنَ.
اَمَّابَعْدُ: فَيَاعِبَادَ اللهِ ِاتَّـقُوْا اللهَ مَااسْـتَطَـعْـتُمْ وَسَارِعُوْا ِالَى مَغْفِرَةٍ مِنْ َرّ بِّـكُمْ , وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا السَّموَاةٍ وَاْلاَرْضِ. اُعِدَّتْ ِللْمُتَّـقِـيْنَ, فَقَالَ تَعَالَى فِى اْلقُرْآنِ اْلعَظِيْمِ, اِنَّ اللَّهَ وَمَلاَئِكَـتَهُ يُـصَلـُّوْنَ عَلَى النَّبِىِّ  يَاايُّهَا الَّذِيـْنَ اَمَنوْا صَلُّوا عَلَـيْهِ وَسَلِّمُواْ تَسْلِيْمًا, اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ َوبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ سَيِّدِ اْلمُرْسَلِيْنَ , وَعَلَى آلِهِ وَاَصْحَابِهِ َاجْمَعِيْنَ , وَارْضَ اللهُمَّ عَلَى َارْبَعَةِ اْلخُلَـفَاءِ الرَّاشِدِيْـنَ , سَيِّدِنَا اَبِى بَكْرٍ وَعُمَرِ وَعُثْمَانِ


وعَلِى َوَتَابِعِ التَّابِعِيْنَ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلَى يَوْمِ الدِّ يْنِ وَعَلَـيْنَا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِـكَ يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ, اَللّـهُمَّ َاصْلِحْ جَمِيْعَ وُلاَةِ اْلمُسْلِمِيْنَ وَانْصُرِ اْلاِسْلاَمَ وَاْلمُسْلِمِـيْنَ , وَاَهْلِكِ اْلـكَـفَرَةَ وَاْلمُشْرِكِـيْنَ , وَاَعْلِ كَـلِمَاتِـكَ اِلَى يَـوْمِ الدّ ِيْنِ , اللّهُمَّ اغْفِرْ ِللْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِماَتِ وَاْلمُؤْمَنِـيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ  اْلاَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ اِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَّعَوَاتِ وَ يَاقَاضِيَ  اْلحَاجَاتِ , رَبـَّنَاافْـتَحْ بَـيْـنَـنَا َوبَـيْنَ قَوْمِنَا بِاْلحَقِّ   وَاَ نْتَ خَيْرُ اْلفَاتِحِيْنَ , رَبـَّنَااَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلاَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. وَاْلحَمْدُ ِللهِ رَبِّ اْلعَالَمِيْنَ.
عِبَادَ اللهَ , ِانَّ اللهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَاْلاِحْسَانِ وَاِيْتَاءِ ذِى اْلقُرْبىَ وَيـَنْهَى عَنِ اْلفَحْشَاءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْيِ يَعِظُكُـمْ لَعَلْكُمْ تَذَكَّرُوْنَ , فَاذْكُـرُوا اللهَ اْلعَظِـيْمَ يَذْكُـرْكُـمْ وَادْعُوْهُ يَـسْتَجِبْ لَكُمْ , وَلَذِكْـرُ اللهِ اَكْبَرُ.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ingin Menulis?

Bagi siswa-siswi MANTASA GREEN yang ingin menuangkan karya tulisnya, baik cerpen, tulisan ilmiah, dan coretan hati, bisa juga kritik dan saran bisa dikirim ke email: mantasagreen@gmail.com.

Komentar Perasaan