Kata Pesan

SELAMAT DATANG DI DUNIA CERPEN KARYA SISWA MAN TULUNGAGUNG 1

Rabu, 01 Agustus 2012

Faktor Menghapus Iman

َالْحَـمْدُ ِللهِ الَّـذِى اَرْشَـلَ رَسُـوْلُـهُ بِـالْـهُدَى وَدِيْـنِ الْـحَـقِّ, لِـيُـظْـهِرَ هُ عَـلَى دِيْـنِ كـــُلِّـهِ وَلَـوْ كَــرِهَ الْكَافِـرُوْنَ. اَشْهَدُاَنْ لاَ ِاَلهَ ِالاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ. َواَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا َعبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اللهمَّ صَلِّ وَ سَلِّمْ وَباَرِكْ عَلَى سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَ عَلَى اَلِـهِ وَاَصْحَابِـهِ اَجْـمَـعِـيْـنَ. اَمَّابَعْدُ: فَياَعِباَدَ اللهَ حَقَّ تُـقاَتِهِ وَلاَ تَـمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنْـتُمْ مُسْلِمُوْنَ.

 

Hadirin Sidang Jum’ah Yang Berbahagia

Selaku khotib saya berwasiat marilah kita tingkatkan taqwa kita dengan cara mengerjakan semua perintah Allah dan meninggalkan larangan-Nya karena dengan taqwa inilah kita akan mendapatkan derajat yang tinggi dihadapan Allah SWT.
Kesempatan khutbah kali ini khotib sampaikan judul khutbah diantara faktor yang menghapuskan iman.
Dengan tujuan agar kita benar-benar memiliki iman yang sebenarnya menurut ajaran Islam yang dikehendaki dan dimaksud oleh kitab suci Al-Qur’an dan Hadits Rasulullah. Juga supaya kita tidak terkecohkan oleh sementara orang yang hanya mengartikan iman dengan percaya atau sekedar kepercayaan saja tanpa melaksanakan kewajiban dan tuntunan iman itu sendiri.
Pengertian iman menurut istilah syariat Islam; iman adalah:
تَـصْدِيـْقُ بِـالْـقَـلْبِ وَاقِـرَارٌ بِـالـْلِسَانِ وَأَفْـعَالُ بِالاَرْكَانِ.
Artinya: “Iman adalah meyakini dengan hati, mengucapkan dengan lisan dan mengamalkan dengan perbuatan terhadap 6 (enam) Rukun Iman.”
Hadirin yang dimulyakan Allah
Untuk memelihara agar iman kita tetap stabil/ istiqomah, maka harus tahu hal-hal yang dapat menghapus iman. Diantaranya: syirik; artinya menyekutukan Allah. Orangnya disebut musyrik.
Perbuatan syirik itu tergolong dosa besar yang tidak dapat diampuni kalau sampai terbawa mati.
Firman Allah dalam surat An-Nisa’ : 48
Artinya: Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik dan Allah mengampuni segala dosa yang selain dari syirik itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya, barang siapa menyekutukan Allah, maka sesungguhnya ia telah berbuat dosa besar.
Riddah adalah salah satu faktor yang dapat menghapus iman. Pengertian riddah adalah perbuatan keluar dari Islam. Orang yang keluar dari Islam atau berbuat riddah disebut Murtad.
Perbuatan tersebut jelas merusak iman bahkan amal perbuatannya yang telah dikerjakan selama ia memeluk Islam tidak ada artinya, sia-sia belaka.
Hadirin sidang jum’ah yang berbahagia
Adapun diantara sebab murtad sebagai berikut:
1.            Tipisnya iman (iman yang sangat lemah)
2.            Kurangnya pengetahuan tentang islam.
3.            Terbawa arus pengaruh keduniawiaan, misalnya harta, kedudukan dan wanita serta lingkungan lainnya.
4.            Kurangnya keyakinan terhadap kebenaran ajaran Islam.
Seorang muslim harus berhati-hati jangan sampai tergoda oleh bujukan syetan, sehingga iman kita terkikis habis yang akhirnya menjadi kafir/ musyrik. Padahal orang kafir tempatnya dineraka.
Firman Allah dalam Qur’an surat Al-Baqoroh; 217.
Artinya: Barang siapa ynag murtad diantara kamu dari agamanya, lalu dia mati dalam kekafiran maka mereka itulah yang sia-sia amalannya di dunia dan akhirat dan mereka itulah penghuni neraka. Mereka kekal di dalamnya.
Firman Allah dalam Qur’an surat Al-Maidah; 54.
Artinya: Hai orang-orang yang beriman, barang siapa diantara kamu yang murtad dari agamanya, maka kelak Allah akan mendatangkan suatu kaum yang Allah mencintai mereka dan mereka pun mencintai-Nya, yang bersikap lemah lembut terhadap orang mukmin, yang bersikap keras terhadap orang-orang kafir, yang berjihad dijalan Allah dan yang tidak takut kepada celaan orang yang suka mencel. Itulah karunia Allah, diberikannya kepada siapa yang dikehendaki-Nya dan Allah Maha Luas (Pemberian-Nya) Lagi Maha Mengetahui.
Maksudnya ayat tersebut dapat disimpulkan bahwa kita hendaknya menjauhi perbuatan riddah.
Hadirin Sidang Jum’ah Yang Berbahagia
Adapun solusinya untuk menghindari perbuatan Riddah, tersebut sebagai berikut :
1.            Menambah pengetahuan tetang Islam dengan cara membaca, mempelajari Al-Qur’an, Hadist juga mengikuti pengajian.
Terutama para remaja/ pemuda dikatakan oleh Syaikh Mustofa Al-Cholayini sebagai berikut :
اِنَّ فىِ يَـدِ الشُّـبَانِ اَمْرُ اْلاُمَّـةِ وَفىِ اَقْدَا مِـهِـمْ حَـيَاتِـهَا.
Artinya : “Sesungguhnya di tangan pemuda nasibnya umat itu dan di tangan mereka hidupnya umat”
Ditegaskan oleh Imam Syafi’i sebagai berikut :
حَـيَاةُ الْـفَـتَى وَاللهِ بِالْـعِلْمِ وَالتُّـقَى اَذَا لَمْ يَـكُـوْنَـا لاَ اِعْـشِـيَاوًا لِدَّتِهِ.
Artinya : “ Hidupya pemuda itu demi Allah harus dengan ilmu dan taqwa, jikalau kedua-duanya itu tidak ada pada pemuda (kosong) maka tiadalah berarti apa-apa pemuda itu”.
Jadi masa depan segala berada pada pemeluk pemuda hari ini.
2.            Meningkatkan amal ibadah dan meninggalkan maksi’at.
3.            Meningkatkan keyakinan terhadap kebenaran agama Islam.
4.            Menjauhkan diri dari pengaruh lingkungan yang tidak baik.
5.            Mencari harta halal dan menggunakan di jalan Allah.
Demikian semoga kita terhindar dari Syirik dan Riddah sehingga kita tetap/ istiqomah iman kita serta semoga akhir hayat kita oleh Allah diberikan akhir hayat khusnul khatimah Amien.
جـعـلـنـا الله وايـاكـم مـن الـفـائـزيـن الامـنـيـن وادخـلـنـا وايـاكـم فـى زمـرة  عـبـاده  الـصـالـحـيـن. فـاسـتـغـفـروا  الله  الـعـظـيـم  انـه  هـو  الـغـفـور  الـرحـيـم.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ingin Menulis?

Bagi siswa-siswi MANTASA GREEN yang ingin menuangkan karya tulisnya, baik cerpen, tulisan ilmiah, dan coretan hati, bisa juga kritik dan saran bisa dikirim ke email: mantasagreen@gmail.com.

Komentar Perasaan