Kata Pesan

SELAMAT DATANG DI DUNIA CERPEN KARYA SISWA MAN TULUNGAGUNG 1

Minggu, 25 November 2012

Germany...



Oleh Riza Umami

Ich heisse Rizza, ich komme aus Blitar Indonesien. Ich studiere an der Studienkolleg Universtaet des Saarlandes. Das ist meine Geschichte ueber mich in Deutschland (Germany).


Jerman,,, yah! Negeri yg mungkin terkenal dengan budaya bebasnya. Negeri yg terkenal canggih Teknologinya. Negeri yang banyak di minati oleh mahasiswa Indonesia. Syapa sih yg ga kenal Habibi? mantan presiden kita yang ke 3? itu lulusan dari RWTH Achen di Jerman. Beliau sekarang menjadi anggota yg berpengaruh di Jerman atau Indonesia. Hebat bukan,,, Semangat beliau yg slalu menyemangati generasi penerusnya. Ya termasuk aq, aq beruntung bisa bertemu langsung dengan beliau di Universitasnya dg tidak sengaja bertemu. Ngobrol sekian banyak cerita, sekian banyak beliau ngasih materi kita. Bahkan saat saya ngobrol dengan beliau aq pun berfikir, bukan hanya cerita byasa yg mereka sampaikan. Namun di tengah cerita2 yg beliau ungkapkan, Beliau slalu menghubungkan dg Teknologi atau pelajaran yag lainnya. Beliau cerita dari beliau tidak menjadi syapa2 hingga menjadi tokoh penting dalam negri ini. Semangat beliau membahara, dan saya inget pesan beliau kepadaku. "Kuliah yg sungguh2, kalau sudah selesei kuliahnya cepat segera pulang ke indonesia" masya allah gumamku. Dan beliau meneruskan bicaranya "Indonesia menunggu generasi2 sepertimu, dan tolong panggil saya Eyang!", beliau berkata sambil merangkulku bagai cucu. Dulu waktu di Indonesia selalu berfikir bahwa, di Jerman pendidikan gampang, bisa jalan2 keliling Eropa, Jerman negara yg banyak di minati orang dan banyak sekali gumamku tentang Jerman. Yak sesampai di sini saya merasakan, bagaimana Jerman sebenarnya. Jerman keras bung!! dulu waktu di indonesia kita bisa sekolah dg santai. Ngerjain tugas banyak kita bisa dadakan, ulangan kita bisa ngerjakan meskipun tidak belajar, pakai bahasa sendiri, pulang sekolah bisa hang-out bareng temen2 dan masih banyak lagi. Di sini santai bakalan ketinggalan, semuanya berbanding terbalik dengan di sini. Kadang aq ngelihat status mahasiwa Indonesia di Timeline, di status Fb mengeluh tentang semua tugas sekolah mereka. Haloo,,, di sini kita mahasiswa Indonesia berfikiran bahkan kuliah di negri sendiri itu sudah bersyukur sekali enaknya. Yapp,, semangat semangat, inget orang tua di rumah. Kata2 itu selalu menjadi semangat saat aku mengeluh capek akan belajar,sekolah, perpustakaan. Bayangin aj kalo senin sampai jumat brangkat jam 07.00 pagi sampek jam 03.00 dan selanjutnya waktu di habiskan di perpustakaan dan malem baru pulang . Bisa bayangin kan gimana lelah nya, aq di sini slalu ingat orang tua biayain aq mahal2 buat sekolah di sini dan tinggal belajar saja aku harus mengeluh? Oh Nein!! semuanya akan terbayar waktu liburan atau saat telfon orang tua . Mendengar suara atau syukur2 bisa melihat wajah mereka dan tersenyum kepadaku aja itu sudah menjadi obat yg paling ampuh sebagai anak rantau kaya aku ini. Dan orang tua slalu bilang, "Niat Tolabul 'ilmi nduk,,, gusti Allah ngasih yg terbaik". Semangat,,, ya aq senang di sini dan aku gembira. Aku bisa merasakan sekolah dg enjoy bersama teman dari negara lainnya. Guru2 di sini freundlich (bersahabat) dan enjoy sakali. Kita sering di bantu entah itu maslah pelajaran, cari Apartement atau masalah lainnya. Kita juga sering ngadain kelas luar.

Aku  senang bisa mempunyai banyak skali pengalaman hidup di sini. Semua Universitas di sini bagus, ga ada yg favorit atau yg paling bagus or yg paling jek. Semuanya sma! di sini sebelom masuk Universitas harus masuk college dulu, namnya kalo di sini Studienkolleg. Itu mungkin kaya penyetaraan SMA gitu di sini, belajar bahsa yg lebih tinggi dan pelajaran umum lainnya. Setelah lulus dari college nilai kita baru bisa di aplikasikan ke Universitas. Kalo buat S2 sih cuman butuh sertifikat bahasa Jerman, nach kalo yg S1 (Bachelor) harus colleg dulu. Persaingan di sini cukup ketat skali, bukan hanya dari Indonesia yang merasa begitu. Semua Auslaender (pendatang) juga merasakan hal yg sama. Tapi kita semua yakin kita bisa, kita wakil dari negara kita masing2. Berusaha dan Doa, selanjutnya di serahin sama gusti Allah. Aku bukan terlahir dari keluarga yg Kaya raya, namun aq punya tekat kuliah di sini. Setiap akhir pekan kalau aku mau, aku bisa kerja Part time di sini, cukup buat hidup perbulan bahkan aq bisa menabung. Setiap liburan aku juga bisa kerja, knapa aku harus bingung dengan masalah biaya? gusti allah selalu punya banyak cara kok buat ngasih hambany rezeki. Kalian yg pengen kesini, niatnya tolabul ilmi insya allah sama gusti Allah slalu di kasih jalan asal smua ada niat dan tekat. Deutsch?? ya,, di sini aku pakai Bahasa Jerman, bukan bahasa Inggris. Setiap keluar dari Appartement juga harus berinteraksi dengan bahasa jerman, waah cool mungkin yaa? eits tapi aku juga ga slalu bisa merespon apa yg di bilang para orang2 jerman. Alhamdulillah di kota saya ga rasis sama orang2 asia, bahkan mereka2 ramaah sekali. Orang jerman itu baik loo, kalau ada yang jahatin atau kita terganggu tinggal telfon Polisi (hhhh). Polisi di sini mengayomi banget, tenang ga bayar kok :p. Lebay sih menurutku di sini, contohnya aja pas masak sambel trasi dan otomatis kalo trasi kan bauk ya,, ya udah si tetatangga ngrasa terganggu telpon Polisi dan langsung nyamperin kita yg masak sambel tadi (saya pengalaman soalnya :p). Kangen Indonesia gak??? Y jellas kangen bangeeeet kalo itu, dimana aku bisa berinteraksi ke semua orang tanpa harus berfikir grammer nya apa?vocab nya apa? aq bisa ngomong bebas se bebasnya, aq bisa memeluk orang tuaQ saat aku lelah, dan aku bisa makan makanan asia meskipun hanya sayur Terong lauk ikan asin. Itu suatu makannan yg mahaln di sini! yak makanan asia di sini mahal, aku harus mengekuarkan uang 75.000 untuk seporsi nasi goreng. Rasanya nanti kalau pulang ke Indonesia semua koperku aq isi sambel trasi, sambel pecel dan semua bumbu dari Indonesia. haahaha. 

Di sini aku bisa mengenalkan Indonesia dan budayanya kepada semua temen2ku, mereka semua tertarik dan selalu mengajakku buat liburan ke Indonesia. Merka ingin berselancar di bali, menikmati sunset i Kuta bali, menikmati ramainya Malioboro dan semua isinya. Sekian dulu ya cerita dari aku, see you next time... semoga kalian semua bisa menyusul kesini dan ini bisa jadi semangat kalian kesini. Tidak perlu menjadi kaya untuk kesini, asal ada tekat dan kemauan. :) bismillah...

 

Liebe grusse,
 
Saarbrucken 11.10.2012 Germany

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ingin Menulis?

Bagi siswa-siswi MANTASA GREEN yang ingin menuangkan karya tulisnya, baik cerpen, tulisan ilmiah, dan coretan hati, bisa juga kritik dan saran bisa dikirim ke email: mantasagreen@gmail.com.

Komentar Perasaan